ADMINISTRASI PENDIDIKAN

SEJARAH SINGKAT

Administrasi pendidikan dalam sejarahnya cukup panjang dimulai dengan diberikannya Educational Administration Course yang hanya diberikan pada tingkat Sarjana pada PTPG Departemen Ilmu Pendidikan di tahun 1954. Saat PTPG bergabung dengan UNPAD dan menjadi FKIP/A, Educational Administration Course mendapat kemajuan pesat berkat kegigihan Prof. Suganda dan Oteng Sutisna, M.Sc yang dibantu Prof.Dr.Murray Thomas sebagai tenaga ahli dari Sunny Team.

Sebagai sebuah jurusan, administrasi pendidikan dimulai di tahun 1964 dengan nama jurusan administrasi dan super visi yang disingkat ADSUP dalam lingkungan Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Bandung. Kelahiran ADSUP dipicu atas munculnya tuntutan terhadap kebutuhan akan tenaga ahli di bidang manjemen dan administrasi pendidikan serta tuntutan kebutuhan guru bagi SPG/SGO. Sejak saat itu diadakan penjurusan yang menyeluruh (dari tingkat satu sampai lima) dan jurusan ADSUP IKIP Bandung ini dibuka secara resmi melalui Surat Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan Republik Indonesia, No.128/1964 tertanggal 19 Oktober 1964. Beberapa tokoh lain yang ikut membina sub disiplin ilmu Administrasi dan Supervisi ini adalah  Oteng Sutisna, M.Sc; R. Iyeng Wiraputra, M.Sc; Drs. Udi Turmudi Saputra dan Drs.M.I Sulaeman.

Titik balik penyadaran akan eksistensi ilmu administrasi pendidikan sebagai body of knowledge, dimulai saat rapat dosen di bulan Juni 98 yang menyepakati perubahan nama Administrasi  Supervisi (ADSUP) menjadi jurusan Administrasi Pendidikan. Nama Jurusan tersebut digunakan sampai saat ini di tengah-tengah tuntutan sebagian orang yang menginginkan perubahan nama menjadi “Manajemen Pendidikan”.

 

VISI, MISI DAN TUJUAN

VISI

Menjadi center of excellence pengembang administrasi pendidikan di Indonesia yang berlandaskan pada azas Ilmiah edukatif dan religius.

MISI

  • Menyelenggarakan Program Tri Dharma Perguruan Tinggi di bidang administrasi pendidikan
  • Mengembangkan serta mengaplikasikan ilmu pendidikan, dan pendidikan disiplin ilmu yang ditopang oleh berbagai disiplin ilmu lain (multidisiplin) untuk kepentingan masyarakat
  • Menyelenggarakan dan mengembangkan berbagai program kerja sama yang dilandasi saling percaya dan saling membantu dalam mewujudkan tercapainya pembangunan pendidikan dan pembangungan nasional.

 

TUJUAN

Mencapai mutu lulusan yang memiliki keunggulan komparatif melalui peningkatan SDM jurusan, karya tulis dan penelitian , learning facilities, upaya-upaya pengembangan dalam PBM, riset dan kurikulum, serta dukungan dana.

KURIKULUM PENDIDIKAN

Kurikulum merupakan sarana dasar dan instrument strategis untuk mewujudkan visi, misi, sasaran dan tujuan jurusan Adpend. Untuk mewujudkan visi dan misi jurusan, disusun kurikulum sebagai berikut :

  • Kurikulum yang dikembangkan menggunakan pendekatan ini mata kuliah yang ddipersiapkan untuk mengembangkan kemampuan professional / kependidikan dan mata kuliah yang mengembangkan kepribadian  calon pendidik/tenaga pendidikan diorganisasikan secara bersamaan.
  • Berorientasi kepada perkembangan ilmu dan profesi kependidikan dengan memperhatikan lapangan.
  • Kombinasi pendekatan disiplin ilmu dan Pendekatan Kompetensi . Program-program   yang dikembangkan di jurusan (UPI) bersifat akademik sekaligus professional.

LOKASI

Letak Jurusan Adpend sangat strategis dilihat dari berbagai segi, ketenangan belajar, (tidak hiruk pikuk, jauh dari keramaian), mudah dijangkau karena berada di daerah lalu lintas angkutan umum, dekat ke perpustakaan pusat, pusat sumber belajar, Sekolah dan institusi penyelenggara diklat untuk tempat kerja lapangan para mahasiswa AP.

sumber: http://fip.upi.edu/v4/jurusan/administrasi-pendidikan/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s