SEMINAR NASIONAL dan RAKERNAS IMMAPSI di UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

Dalam kegiatan Rapat Kerja Nasional Ikatan Mahasiswa Manajemen dan Administrasi Pendidikan Seluruh Indonesia yang berlangsung di Universitas Negeri Jakarta pada tanggal 23-25 Juni 2014, dengan tema “IMMAPSI untuk Indonesia.” Kegiatan RAKERNAS IMMAPSI ini diikuti oleh sepuluh Universitas seluruh Indonesia dimana terdiri dari beberapa wilayah I, II, dan III.

Hari pertama (23 Juni 2014), rangkaian kegiatan RAKERNAS IMMAPSI secara resmi dibuka oleh Ketua Jurusan Manajemen Pendidikan UNJ dan diawali melalui kegiatan seminar nasional yang diselenggarkan HIMA MP UNJ bertemakan “Prospek Jurusan Manajemen Pendidikan atau Administrasi Pendidikan dalam Sistem Pendidikan Nasional” dengan dua narasumber yaitu Dr. Suryadi (Pembantu Rektor UNJ) dan Bapak Slamet (Kepala Bidang Perencanaan dan Pendayagunaan Badan Kepegawaian Daerah DKI Jakarta).

Pada pematerian I kami sangat antusias karena tema yang diangkat oleh Bapak Suryadi selaku Pembantu Rektor UNJ ialah prospek lulusan jurusan Administrasi Pendidikan dan Manajemen Pendidikan telah menjadi masalah dari tahun 1985 hingga saat ini, oleh karena itu beliau menyarankan kepada mahasiswa khususnya jurusan Administrasi Pendidikan dan Manajemen Pendidikan untuk lebih membuka mindset dan tidak terpaku terhadap pekerjaan PNS saja, dikarenakan keilmuan Administrasi Pendidikan dan Manajemen Pendidikan dapat dipakai untuk berbagai lini pekerjaan.

Selanjutnya pematerian II disampaikan oleh Bapak Slamet dan beliau mengangkat tema mengenai formasi ketenagaan AP dan MP khususnya di wilayah DKI dan daya saing untuk menjadi PNS sangatlah tinggi dimana presentasenya ialah untuk mendapatkan PNS harus mengalahkan 26 calon PNS. Selain itu beliau juga menjelaskan mengenai tahapan-tahapan ujian CPNS.

Setelah kegiatan seminar nasional, dilanjutkan oleh rapat kerja nasional yang dipimpin oleh ketua IMMAPSI, pada kegiatan rakernas ini dimulai dengan perkenalan tiap individu kepada audience. Kemudian terdapat perubahan konsep menjadi Pra-Munas dikarenakan banyak pengurus IMMAPSI yang berhalangan hadir pada Rakernas ini dan hal tersebut menyebabkan kekecewaan kepada para peserta rakernas. Pimpinan rakernas mempersilahkan para peserta mengungkapkan keluh kesahnya kepada kegiatan Rakernas ini. Setelah itu pimpinan menjelaskan kegiatan PraMunas akan menghasilkan beberapa produk yaitu permasalahan immapsi dan solusinya, pembentukan tim kerja, kegiatan yang akan dilaksanakan 6 bulan ke depan dan persiapan pra munas. Dan kegiatan pra munas untuk sementara di tunda terlebih dahulu dan dilanjutkan pada malam hari

Pada pelaksanaan kegiatan pra munas, kami membahas mengenai permasalahan immapsi dan pimpinan menarik benang merah dari setiap permasalahan yang salah satunya ialah kepengurusan, dimana pada kepengurusan ini menentukan persyaratan untuk menjadi pengurus pusat, maupun wilayah IMMAPSI ini. Kemudian masalah dana tetap, dimana dana tetap ini diperuntukan untuk kas IMMAPSI dalam melakukan berbagai kegiatan. Dan para peserta rakernas sepakat untuk mengumpulkan dana sebesar dua ribu rupiah dan maba tersebut mendapatkan output seperti pin ataupun sticker, dan sekaligus pengenalan IMMAPSI ini sendiri terhadap maba ini. Rakernas hari pertama ditunda sampai besok pagi.

 11 12

Hari kedua (24 Juni 2014), menjelaskan mengenai pemahaman visi dan tujuan IMMAPSI ini sendiri kepada para peserta pra munas ini serta pimpinan bertujuan untuk menjadikan lulusan administrasi pendidikan dan manajemen pendidikan menjadi suatu kajian ilmu yang diperlukan oleh masyarakat dan tidak dipandang sebelah mata dan membahas mengenai bentuk koordinasi di tiap wilayah. Kemudian para peserta rakernas mendiskusikan mengenai kebutuhan apa saja yang dapat dioptimalkan pada 6 bulan kepengurusan immapsi menuju munas. Kebutuhannya antara lain ialah profil IMMAPSI, dana, struktur, jaringan, database, pengembangan intelektual, dan pencitraan. Kemudian pada malam hari para peserta dibagi kedalam beberapa daerah sesuai dengan daerahnya masing-masing dan mendiskusikan kegiatan apa yang dapat dilakukan di daerahnya masing-masing. Dari hasil tersebut dapat ditarik benang merah nya tiap-tiap universitas pada masing-masing daerah saling bersilahturahmi serta bertukar pemikiran pada kajian yang dilakukan oleh tiap universitas.

13

Hari ketiga (25 Juni 2014), setiap universitas menjelaskan mengenai kegiatan yang akan dilakukan setelah rakernas, dari beberapa universitas lebih terfokus kepada kajian tentang immapsi sehingga menimbulkan keingintahuan serta kepedulian mahasiswa administrasi pendidikan dan manajemen pendidikan terhadap isu-isu yang telah terjadi, kemudian para peserta menentukan mengenai tempat dan waktu pelaksanaan MUNAS, para peserta pra munas memberikan pendapat dan analisis terhadap tempat pelaksanaannya. Akhirnya terjadi dua pilihan opsi untuk tempat MUNAS itu sendiri yang akan diselenggarakan di STKIP BOGOR atau UIN Syahid JKT. Dimana waktu pelaksanaan MUNAS tersebut diperkirakan pada awal bulan desember atau pertengahan desember. Setelah itu para peserta berkemas dan bersiap-siap untuk menuju tempat penutupan acara pra munas. Selanjutnya para perwakilan dari tiap universitas diberikan cinderamata oleh panitia.

 14

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s