SEMINAR NASIONAL dan RAKERNAS IMMAPSI di UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

Dalam kegiatan Rapat Kerja Nasional Ikatan Mahasiswa Manajemen dan Administrasi Pendidikan Seluruh Indonesia yang berlangsung di Universitas Negeri Jakarta pada tanggal 23-25 Juni 2014, dengan tema “IMMAPSI untuk Indonesia.” Kegiatan RAKERNAS IMMAPSI ini diikuti oleh sepuluh Universitas seluruh Indonesia dimana terdiri dari beberapa wilayah I, II, dan III.

Hari pertama (23 Juni 2014), rangkaian kegiatan RAKERNAS IMMAPSI secara resmi dibuka oleh Ketua Jurusan Manajemen Pendidikan UNJ dan diawali melalui kegiatan seminar nasional yang diselenggarkan HIMA MP UNJ bertemakan “Prospek Jurusan Manajemen Pendidikan atau Administrasi Pendidikan dalam Sistem Pendidikan Nasional” dengan dua narasumber yaitu Dr. Suryadi (Pembantu Rektor UNJ) dan Bapak Slamet (Kepala Bidang Perencanaan dan Pendayagunaan Badan Kepegawaian Daerah DKI Jakarta).

Pada pematerian I kami sangat antusias karena tema yang diangkat oleh Bapak Suryadi selaku Pembantu Rektor UNJ ialah prospek lulusan jurusan Administrasi Pendidikan dan Manajemen Pendidikan telah menjadi masalah dari tahun 1985 hingga saat ini, oleh karena itu beliau menyarankan kepada mahasiswa khususnya jurusan Administrasi Pendidikan dan Manajemen Pendidikan untuk lebih membuka mindset dan tidak terpaku terhadap pekerjaan PNS saja, dikarenakan keilmuan Administrasi Pendidikan dan Manajemen Pendidikan dapat dipakai untuk berbagai lini pekerjaan.

Selanjutnya pematerian II disampaikan oleh Bapak Slamet dan beliau mengangkat tema mengenai formasi ketenagaan AP dan MP khususnya di wilayah DKI dan daya saing untuk menjadi PNS sangatlah tinggi dimana presentasenya ialah untuk mendapatkan PNS harus mengalahkan 26 calon PNS. Selain itu beliau juga menjelaskan mengenai tahapan-tahapan ujian CPNS.

Setelah kegiatan seminar nasional, dilanjutkan oleh rapat kerja nasional yang dipimpin oleh ketua IMMAPSI, pada kegiatan rakernas ini dimulai dengan perkenalan tiap individu kepada audience. Kemudian terdapat perubahan konsep menjadi Pra-Munas dikarenakan banyak pengurus IMMAPSI yang berhalangan hadir pada Rakernas ini dan hal tersebut menyebabkan kekecewaan kepada para peserta rakernas. Pimpinan rakernas mempersilahkan para peserta mengungkapkan keluh kesahnya kepada kegiatan Rakernas ini. Setelah itu pimpinan menjelaskan kegiatan PraMunas akan menghasilkan beberapa produk yaitu permasalahan immapsi dan solusinya, pembentukan tim kerja, kegiatan yang akan dilaksanakan 6 bulan ke depan dan persiapan pra munas. Dan kegiatan pra munas untuk sementara di tunda terlebih dahulu dan dilanjutkan pada malam hari

Pada pelaksanaan kegiatan pra munas, kami membahas mengenai permasalahan immapsi dan pimpinan menarik benang merah dari setiap permasalahan yang salah satunya ialah kepengurusan, dimana pada kepengurusan ini menentukan persyaratan untuk menjadi pengurus pusat, maupun wilayah IMMAPSI ini. Kemudian masalah dana tetap, dimana dana tetap ini diperuntukan untuk kas IMMAPSI dalam melakukan berbagai kegiatan. Dan para peserta rakernas sepakat untuk mengumpulkan dana sebesar dua ribu rupiah dan maba tersebut mendapatkan output seperti pin ataupun sticker, dan sekaligus pengenalan IMMAPSI ini sendiri terhadap maba ini. Rakernas hari pertama ditunda sampai besok pagi.

 11 12

Hari kedua (24 Juni 2014), menjelaskan mengenai pemahaman visi dan tujuan IMMAPSI ini sendiri kepada para peserta pra munas ini serta pimpinan bertujuan untuk menjadikan lulusan administrasi pendidikan dan manajemen pendidikan menjadi suatu kajian ilmu yang diperlukan oleh masyarakat dan tidak dipandang sebelah mata dan membahas mengenai bentuk koordinasi di tiap wilayah. Kemudian para peserta rakernas mendiskusikan mengenai kebutuhan apa saja yang dapat dioptimalkan pada 6 bulan kepengurusan immapsi menuju munas. Kebutuhannya antara lain ialah profil IMMAPSI, dana, struktur, jaringan, database, pengembangan intelektual, dan pencitraan. Kemudian pada malam hari para peserta dibagi kedalam beberapa daerah sesuai dengan daerahnya masing-masing dan mendiskusikan kegiatan apa yang dapat dilakukan di daerahnya masing-masing. Dari hasil tersebut dapat ditarik benang merah nya tiap-tiap universitas pada masing-masing daerah saling bersilahturahmi serta bertukar pemikiran pada kajian yang dilakukan oleh tiap universitas.

13

Hari ketiga (25 Juni 2014), setiap universitas menjelaskan mengenai kegiatan yang akan dilakukan setelah rakernas, dari beberapa universitas lebih terfokus kepada kajian tentang immapsi sehingga menimbulkan keingintahuan serta kepedulian mahasiswa administrasi pendidikan dan manajemen pendidikan terhadap isu-isu yang telah terjadi, kemudian para peserta menentukan mengenai tempat dan waktu pelaksanaan MUNAS, para peserta pra munas memberikan pendapat dan analisis terhadap tempat pelaksanaannya. Akhirnya terjadi dua pilihan opsi untuk tempat MUNAS itu sendiri yang akan diselenggarakan di STKIP BOGOR atau UIN Syahid JKT. Dimana waktu pelaksanaan MUNAS tersebut diperkirakan pada awal bulan desember atau pertengahan desember. Setelah itu para peserta berkemas dan bersiap-siap untuk menuju tempat penutupan acara pra munas. Selanjutnya para perwakilan dari tiap universitas diberikan cinderamata oleh panitia.

 14

Sampai Jumpa Ramadhan

Assalamu’alaikum…….

Wah, tak terasa ya.. Kita sudah berada di waktu penghujung ramadhan sekarang..

Teman-teman, sejenak sebelum hari kemenangan kita renungkan dulu yuk, apa saja yang sudah kita lakukan di Ramadhan yang penuh berkah tahun ini. Seberapa banyak amalan dan ibadah kita? Seberapa banyak dosa yang kita perbuat? Seberapa banyak kita berdzikir?

Coba, teman-teman pikirkan sejenak sebelum lanjut baca artikel ini… :)

…….

……

…..

….

..

.

Sudah? Semoga dosa kita diampuni, Semoga amalan ibadah kita diterima oleh Allah SWT. Dan yang paling penting, semoga pertemuan dengan ramadhan ini membuat kita senantiasa menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. Aamiin..

Nah sekarang kami akan sharing seputar kegiatan yang ada di HMJ Administrasi Pendidikan ramadhan tahun ini.

Alhamdulillah, atas berkat izin dan rahmat Allah SWT. ramadhan ini kami sukses mengadakan kegiatan buka shaum bersama (BUSER) dan silaturahmi keluarga besar civitas jurusan Administrasi Pendidikan yang dilaksanakan pada tanggal 26 Juli 2013 lalu yang bertempat di kantin FIP.

Kedatangan para tamu undangan dari yayasan panti asuhan Al-Kautsar Lembang mengawali acara BUSER yang dipandu oleh Shefty, dilanjutkan dengan pembacaan tilawah dan saritilawah dalam bahasa Inggris oleh anak panti asuhan, dilanjutkan dengan laporan ketua pelaksana dan sambutan dari Dekan FIP dan Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan.

SAM_4367 SAM_4369 SAM_4365

Setelah itu, ada tausyiah dari ustadz Wahyu Gunawan yang bertemakan “Jika ini Ramadhan terakhirku”. Di akhir materi, oeserta diajak untuk simulasi dengan melakukan hal-hal yang ingin dilakukan andaikan Ramadhan ini yang terakhir. Materipun diakhiri oleh muhasabah, dan doa.

IMG_8237 IMG_0965

Materi diakhiri dengan muhasabah dan do’a, tak lama kemudian Adzan Maghrib berkumandang.. Tiba saatnya buka! Sambil buka, kita disuguhkan penampilan nasyid dari yayasan Panti Asuhan.

“Dzahabadhoma’u wabtalatil uruku watsabatalajru Insya Allah..”

(Telah hilang dahagaku, telah basah tenggorokanku, Mudah-mudahan mendapatkan pahala. Insya Allah..)

Hidangan yang telah disediakanpun disantap bersama, semua menyatu dalam suasana yang indah. Sambil menyantap takjil dan makanan, para undangan, halal bihalal berbagi suka.

IMG_0994 IMG_1007 IMG_1010 IMG_1024 IMG_1027 IMG_1046

Makan bersama diiringi hiburan dari akustik mahasiswa kami diterangi lilin di malam syahdu Ramadhan. Alhamdulillah.. :)

IMG_1065 IMG_1064 IMG_1073 IMG_1070

Yaa Allah, sungguh nikmat nikmat-Mu.. Izinkan kami untuk berjumpa kembali dengan bulan suci ini.

Sampai Jumpa, Ramadhan..

Pelantikan Pengurus BEM dan DPM HMJ Administrasi Pendidikan 2013-2014

Alhamdulillahirabbil’alamiin..

Akhirnya kami dipercaya dan dilantik secara resmi menjadi pengurus BEM dan DPM HMJ AdPend Periode 2013/2014 pada tanggal 10 April 2013 kemarin. Sungguh anugerah bagi kami para pengurus bisa mendapat kesempatan untuk berkontribusi pada almamater tercinta, HMJ Administrasi Pendidikan. Mungkin kami bukan orang-orang hebat yang pandai dalam berbagai hal. Mungkin kami bukan orang-orang yang mempunyai beribu pengalaman bermakna. Tapi kami yakin kami bisa memberikan yang terbaik yang bisa kami lakukan demi almamater tercinta. Oh ADPEND jaya, Citra Pendidikan Indonesia..

Ceileeeh.. serius amat ya omongannya……

Yak kita sudahi dulu untaian katanya yaaa.. Alhamdulillah semuanya, sekarang HMJ ADPEND mempunyai kepengurusan baru. Untuk periode kepengurusan BEM HMJ ADPEND UPI tahun ini dipimpin oleh kang Cahyo Budi Santoso, angkatan 2011. Dan untuk DPM HMJ ADPEND UPI tahun ini dipimpin oleh teh Citra Agung Prameswari dari angkatan 2010. Dengan kepemimpinan baru, orang-orang baru, semangat baru, dan Insyaallah perubahan baru yang lebih baik. Aamiin. Doakan saja ya! ;)

Daaaan, inilah saat-saat para pengurus resmi dilantik di Bookstore FIP yang disaksikan langsung oleh Dekan FIP, Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan tanggal 10 April 2013 lalu.

DSC_0005

DSC_0011

DSC_0013

DSC_0015

Talkshow dan Bedah Buku “Menjadi Insan Kreatif Cinta Bangsa”

BALIGO fikss

Haloo…. Apa kabar semuanya??? Semoga dalam keadaannya LUAR BIASA!! :D

Pada tahu gak?? Tanggal 8 Maret kemarin, HMJ ADPEND mendapat kesempatan luar biasa dari kerjasama penerbit Bentang Pustaka dan Mizan. Kita diberi kesempatan ngadain acara TALKSHOW & BEDAH BUKU yang bertemakan “Menjadi Insan Kreatif Cinta Bangsa” dengan pemateri dua orang ternama di Indonesia! Yaitu Pandji Pragiwaksono (Presenter, Rapper, Stand Up Comedian) dengan bukunya “Berani Mengubah” dan Wahyu Aditya (Aktivis Animasi dan Desain Indonesia) dengan bukunya “Sila Ke-6: Kreatif Sampai Mati!”. Dua Pembicara kita ini adalah orang yang sangat cinta Indonesia yang bertekad mengubah Indonesia menjadi lebih kreatif dengan karya-karya mereka yang sudah tak diragukan lagi.

Acaranya digelar di Gd. Amphitheater, Kampus UPI Bumi Siliwangi, Bandung. Alhamdulillah, banyak juga ternyata mahasiswa UPI dan warga luar UPI yang penasaran liat bedah bukunya Pandji sm Mas Wadit ini! :D Mereka juga gak kecewa untuk meluangkan waktunya untuk datang, soalnya presentasi dan motivasi dari Pandji dan Mas Wadit keren banget untuk mendorong kita, insan muda bangsa supaya lebih kreatif dan gak takut untuk melakukan sesuatu yang berguna untuk bangsa kita dari hal terkecil sekalipun! Keren banget kan? Sayang sekali ya yang nyesel gak bisa ikut.. Yah, Doain aja ya, BEMJ ADPEND bisa mempersembahkan acara yang terbaik untuk kita semua. Satu hal yang paling berkesan dari pemateri acara ini buat panitia dan peserta,

JANGAN TAKUT BERKARYA!

HIDUP MAHASISWA!! :D :D :D

Pengabdian Pada Masyarakat (P2M) 2013

Halooo mahasiswa pejuang pendidikan!

Di awal tahun 2013 ini, sebelum masuk ke semester genap, tanggal 21-28 Januari 2013 HMJ ADPEND pergi ke Desa Ciawang, Kabupaten Tasikmalaya. Lho ngapain?  Buat melaksanakan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (P2M) disana. Kegiatan ini rutin diadakan tiap tahun sebagai wujud dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Mulai dari Seminar dan Workshop Pendidikan, Lomba Permainan Tradisional, Kompetisi Olahraga, Tabligh Akbar, Pentas Seni dan Bazaar, semua diadakan khusus untuk warga Desa Ciawang, Tasikmalaya oleh HMJ ADPEND.

Kegiatan-kegiatannya bisa diikuti berbagai kalangan dan usia, Insyaallah semuanya menarik dan bermanfaat. Kita juga bisa menjalin silaturahmi sama saudara sebangsa kita di daerah lain. Dan yang paling penting, P2M ini nambah pengalaman semua peserta dan panitianya yang berjumlah 123 orang dari 3 angkatan (2010, 2011, 2012) dalam bidang abdi masyarakat. Alhamdulillah, P2M tahun ini juga kita banyak disponsori sama banyak pihak, diantaranya Pikiran Rakyat, Papyrus Photo Studio, Al-Ma’soem, Indosat, Penerbit Rosdakarya dan Alfabeta. Walau ada hambatan-hambatan yang ditemui pas P2M ini, semuanya bisa berjalan lancar dan baik. :)

Yang belum bisa ikut P2M tahun ini, yuk ikutan tahun depan! :D Pokoknya belum mahasiswa kalo belum pernah mengabdi pada masyarakat. ;)

HIDUP MAHASISWA!!!

Pengukuhan Anggota Baru (PAB) HMJ ADPEND 2012

Akhirnya…..

Himpunan kita tercinta mendapatkan anggota baru dari mahasiswa AdPend angkatan 2012 yang berjumlah 55 orang! Mereka semua dikukuhkan secara resmi jadi anggota baru himpunan kita di acara PAB 2012 yang dilaksanakan 2-3 November 2012 di Kampus UPI Bumi Siliwangi dan Gn. Puntang, Pangalengan.

brrrr.. Dinginnya gunung gak bikin semangat mereka luntur untuk terus menjalani PAB. Salut! Tapi sayang sekali ada beberapa yang gak bisa ikut acara full, padahal selain post to post, ada acara api unggun, outbound, susur goa yang sayang banget kalo dilewatin selagi kita ada di gn. Puntang ini. :D

Mudah-mudahan dengan bertambahnya anggota baru di himpunan kita ini, ADPEND bisa semakin maju, eksis dan bisa teruuus lebih baik! Amiiin..

SELAMAT DATANG ANGKATAN 2012!! *\(^O^)/*

DIKLAT JURNALISTIK 2012

Alhamdulillah..

Hari ini, tepatnya tanggal 7 Oktober 2012 kita telah sukses mengadakan acara “Diklat Jurnalistik” yang bertemakan “Merangkai Aktivitas Melalui Kreativitas”. Acara ini khusus dipersembahkan oleh Divisi Informasi dan Komunikasi (INFOKOM) BEMJ Administrasi Pendidikan 2012/2013 yang merupakan acara diklat jurnalistik pertama di jurusan Administrasi Pendidikan kita ini. Pesertanya yaitu mahasiswa baru angkatan 2012 yang berjumlah sekitar 30 orang yg telah mengikuti acara ini dari awal sampai akhir. Jadi, Selamat! akang/teteh yang telah mengikuti diklat jurnalistik hari ini adalah orang-orang pertama yang mendapat diklat jurnalistik di jurusan kita ini \(^o^)/

Dalam acara ini,  panitia menghadirkan  kang Muhammad Fadlian Amhar (Ketua KEMENKOMINFO REMA UPI), teh Astecia Paramitha (Dirjen Media REMA UPI), Winda Monica (Dirjen HUMAS REMA UPI) sebagai pembicara yang membagikan ilmunya seputar jurnalistik. Acaranya juga cukup seru, lho! contohnya, peserta mencari info live di sekitar area pelaksanaan acara, jadi gak hanya sekedar duduk dan dengerin materi doang, langsung praktek! :D

Yah, semoga semua yang kita dapat dari acara ini bisa berguna buat kita ataupun orang lain, sekarang ataupun nanti. Amiin.. :)